Anti-Ageing Starter Kit

Anti aging starter kit

Semakin tua, semakin concern masalah anti-ageing, khususnya kulit. Kata orang-orang, perawatan anti-ageing dimulai saat umur menginjak angka 25. Nah, karena tahun lalu udah seperempat abad tinggal di bumi, maka dari itu saya giat banget untuk memulai perawatan anti-ageing sebelum terlambat. 

Saya bukan tipe orang yang suka facial secara rutin di salon. Udah seperempat abad ini saya belum nyobain untuk facial. Mungkin suatu saat kalau saya facial, saya akan menceritakan pengalaman facial saya pertama kali (nggak penting juga sih hahaha). 

Meskipun nggak pernah facial, saya sering dikira anak kuliahan, bahkan "teenager". Saya pernah dianggap "teenager" saat saya ke salah satu high-end beauty store di pojokan Plaza Indonesia (if you know Plaza Indonesia so well, then you'll know this place). Tapi paling seringnya sih dikira anak kuliahan. Trus ketika orang-orang tersebut mengetahui umur saya, mereka kebanyakan kaget. (Well, thank you actually. I feel so much younger now)

Mungkin, ini efek saya rajin olahraga dan menggunakan skincare yang bisa dibilang memperlambat penuaan dini. Saya olahraga minimal tiga kali seminggu, maksimal bisa lima kali seminggu. Kemudian untuk skincare, saya menggunakan produk sebagai berikut:

1. Organic Almond Oil (Organic Supply Co.) 

Saya menggunakan Sweet Almond Oil ini untuk menghapus makeup di wajah saya. Review tentang produk ini bisa dibaca disini.

2. The Body Shop Vitamin C Face Wash

Cuci muka setelah membersihkan muka itu penting banget. Selelah apapun kamu, wajib cuci muka apalagi sebelum tidur. Yang saya pakai sekarang adalah Vitamin C Face Polish dari The Body Shop.

3. Organic Rosehip Oil sebagai serum

Setelah cuci muka, saya selalu menggunakan rosehip oil sebagai pengganti serum. Awalnya agak ragu untuk memakai ini. Ternyata rosehip oil ini tidak seperti yang saya bayangkan. FYI, Miranda Kerr uses rosehip oil to remove her stretch marks!

4. Drops of Youth cream

Banyak yang nanya, "Ini worth it nggak siiih?"

Sebenarnya tergantung kecocokan kulit masing-masing. Saya udah beberapa kali beli ini dan cocok di kulit saya. Menurut saya, krim ini ringan dan meresap dengan cepat dan tidak membuat kulit menjadi berminyak.

5. The Body Shop Drops of Youth Eyecream

Saya bukan orang yang rajin memakai eyecream, karena suka cepet-cepet jadi suka kelupaan. Pada saat ini, saya menggunakan eyecream Drops of Youth dari The Body Shop. Tekstur dan wanginya mirip dengan Drops of Youth Cream namun yang kurang dari produk ini adalah desainnya. Produk ini didesain dengan roller di dalamnya jadi bisa sekalian memijat mata. 

6. The Body Shop Vitamin C Sunscreen

Sebenarnya yang saya pakai bukan sunscreen, tapi moisturizer dengan sunscreen. Karena salah beli, terpaksa harus dihabiskan dulu. Moisturizer ini mengandung vitamin C dan SPF 30.


That's all! Simpel banget kan? (Nggak juga sih). Menurut saya, langkah-langkah yang saya lakukan cukup lama dan panjang. Dan saya heran sama orang yang menggunakan metode 7 Steps atau 10 Steps beauty routine. Dedikasi yang sangat tinggi untuk menjaga kulit.

Selain itu, saya juga melakukan eksfoliasi menggunakan The Body Shop Seaweed Exfoliator dua kali seminggu. Tapi saya jarang maskeran. Karena maskeran itu harus niat banget buat saya. 

Sebelumnya, saya ingin sekali menggunakan produk-produk kece yang ada di Sephora atau yang lagi hits. Tapi, karena saya memutuskan untuk memilih produk yang cruelty-free dan toxic-free (as possible), saya lebih teliti ketika membeli suatu produk. 

Penuaan pasti terjadi di setiap orang, dan cara lain untuk memperlambat penuaan adalah mengurangi makanan yang tinggi gula. Selain itu, jangan mudah stress! Hidup cuma sekali jadi harus hepi :)