7 Things You Can Do With Castile Soap

Masih dalam masa transisi menuju rumah yang lebih ramah lingkungan. Salah satu caranya adalah meminimalisir racun-racun yang ada dalam rumah. Racun dalam cairan pembersih tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan. Oleh karena itu saya beralih ke castile soap.

What is Castile Soap?

Awal mulanya castile soap berasal dari daerah di negara Spanyol bernama Castile. Sebuah sabun dengan minyak zaitun murni sebagai bahan dasarnya. Jaman dulu, kebanyakan sabun terbuat dari lemak hewani. Meskipun awal mula castile soap terbuat dari zaitun, castile soap bisa dibuat dari lemak nabati dari tumbuhan seperti kelapa, hemp, avocado, dan lain-lain.

Castile soap sedang booming karena castile soap tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya dan cocok untuk kulit sensitif. Karena castile soap biodegradable jadi castile soap sangat ramah lingkungan. Castile soap bisa ditemukan dimana-mana maupun online. Meskipun mungkin harganya sedikit lebih mahal daripada sabun komersil yang dijual di minimarket.

Saya mau share beberapa kegunaan castile soap yang udah pernah saya coba :)

Di kamar mandi kami, selalu tersedia campuran castille soap & air untuk pembersih serba guna. Bisa digunakan untuk mencuci tangan, makeup, atau noda pada baju.

Di kamar mandi kami, selalu tersedia campuran castille soap & air untuk pembersih serba guna. Bisa digunakan untuk mencuci tangan, makeup, atau noda pada baju.

#1 Makeup Cleaner

Biasanya bersihin makeup pakai produk pembersih kuas makeup dari Real Techniques atau EcoTools. Tapi entah kenapa menurutku kurang bersih. Masih ada residu yang nempel di kuas dan harus berkali-kali bersihinnya supaya bersih banget. Beralih ke campuran minyak zaitun dan sabun cuci piring. Bersih banget! Tapi ribet karena harus bikin campurannya dulu dan lebih boros. Kemudian iseng coba bersihin pakai castile soap yang udah dicampur dengan air (50:50) yang biasanya saya pakai untuk hand soap, wah ternyata bersih banget dan cepet bersihnya. I finally found the one!

#2 Body Soap

Yes, you can even wash your body with castile soap. Castile soap murni tidak ada wewangiannya, dan jujur saya pun tidak suka bau alami castile soap. Jika ingin ditambahkan wewangian, bisa dikasih beberapa tetes essential oil seperti lavender, lemon, atau lainnya.

#3 Reusable Cotton Pads Cleaner

Karena castile soap bisa digunakan untuk membersihkan kuas makeup, jadi saya gunakan juga untuk membersihkan cotton pads yang saya pakai untuk membersihkan makeup (Saya tidak pernah memakai kapas lagi untuk membersihkan makeup). Setelah saya cuci menggunakan castile soap, saya taruh di mesin cuci untuk double cleansing. Even my cotton pads have to be double cleansed!

#4 Cleaning Wipes

IMG_2225.JPG

Tisu basah itu penyelamat di saat pengen cepet bersih-bersih tapi merusak lingkungan karena tisu basah tidak bisa didaur ulang dan sekali pakai. Akhirnya saya iseng cari inspirasi less waste di google dan salah satunya adalah DIY cleaning wipes. Caranya mudah banget, cukup campur castile soap dan air di dalam toples (bisa ditambahkan essentials oil untuk lebih harum), kemudian masukkan potongan kain lap (bisa dari baju bekas). Lalu ambil saja ketika butuh tisu basah dan bisa langsung dicuci. That simple :)

#5 Dog Shampoo

Anjing saya suka sekali kotor-kotor, entah itu mandi lumpur, mandi debu, mandi air hujan, pokoknya harus kotor-kotor.

*sigh

Sering banget harus dibilas, nah karena saya khawatir jika terlalu sering memakai sabun khusus pet nanti iritasi (karena fragrance yang ada di pet shampoo itu saya yakin banyak banget) akhirnya saya pakai castile soap sedikit yang dicampur air supaya cepat bersih.

#6 Dishwashing Soap

Karena kepepet tidak ada sabun cuci piring di rumah, akhirnya saya browsing apakah castile soap bisa digunakan untuk cuci piring. Ternyata bisa. Namun, sayangnya saya tidak suka jika mencuci piring menggunakan castile soap karena residu castile soap sering nempel di piring atau gelas. Basically, I don’t recommend using castile soap to wash your dishes unless it’s urgent and there are no other options left.

#7 Liquid Detergent

Baju tetap bersih jika dicuci menggunakan castile soap. Sayangnya castile soap masih tergolong mahal jika dibandingkan detergen yang ramah lingkungan sekalipun seperti detergent merk Earth Choice. Menurut saya, castile soap ampuh membersihkan noda membandel seperti noda bekas darah (Well, you know, girls do bleeding every month. Meskipun udah pakai menstrual cup kadang suka bocor karena lupa kalo lagi pakai dan akhirnya bocor).


Nah, itu kegunaan dari castile soap yang pernah saya coba. I will update this article if I try another purpose of castile soap.

Untuk mendapatkan castile soap, saat ini saya membelinya di bulk store di @thebulkstorenco atau @nakedincjkt supaya bisa zero waste.