Update To My Skincare Routine

Di tahun 2017, saya memiliki resolusi untuk mengganti semua produk yang saya gunakan sealami mungkin, dan juga cruelty-free. Mengapa sih kok saya concern banget sama produk yang cruelty-free dan natural? Karena saya pecinta hewan dan lingkungan, nggak mungkin dong saya menggunakan produk yang diujikan terhadap hewan. Saya membayangkan muka lucu hewan peliharaan saya diuji dengan produk-produk kimia. Oh no... Selain itu, saya juga mulai concern dengan apa yang masuk ke dalam tubuh saya. Meskipun produk kecantikan mempercantik bagian luar, tapi ternyata memberikan pengaruh juga terhadap apa yang di dalam tubuh. Jadi, saya beralih menggunakan essential oil, no toxic as possible as I can.

1. Sweet Almond Oil

Untuk membersihkan muka dari makeup/kotoran, saya menggunakan organic sweet almond oil sebelum mencuci muka saya. Menurut saya, menggunakan oil sebagai pembersih makeup lebih efektif dibandingkan micellar water (dan juga lebih hemat!). Menggunakan micellar water membutuhkan kapas lebih banyak karena harus berulang kali agar bersih total. Sedangkan menggunakan oil, cukup sekali aja kemudian dilanjutkan dengan cleanser favorit kamu.

2. The Body Shop Drops of Light Brightening Cleansing Foam

Menggunakan cleansing foam dari Body Shop ini cukup sedikit aja, kira-kira seukuran sebiji jagung karena menurut saya udah berbusa banget. Tapi, ketika menggunakan sabun ini terasa banget pedihnya kalo kena mata. Sebelum menggunakan ini, saya menggunakan soapless facial cleanser dari Sensatia Botanicals dan tidak pedih sama sekali (ini benefit menggunakan soapless facial cleanser). Overall, sabun ini cocok di kulit saya, tidak membuat kulit saya kering sehabis pemakaian.

3. Rosehip Oil

Setelah membersihkan muka menggunakan sweet almond oil & cleanser foam, saya mengaplikasikan rosehip oil sebagai serum di wajah. Saya menggunakannya setiap pagi dan malam hari. Rosehip oil ampuh banget sebagai anti ageing (umur saya udah 25 menjelang 26 loh! haha) dan harganya nggak mahal. Awalnya saya kaget dengan warna rosehip oil yang agak oranye, saya takut nanti warna kulit saya jadi oranye tapi ternyata enggak kok hehe. Oranye di wajah cuma sebentar aja, setelah itu meresap dan warna kulit tetep normal.

4. The Body Shop Drops of Light Brightening Day Cream

Menurut saya, pelembap dari The Body Shop ini enak banget. Emang sih agak berat dari segi kemasan, tapi dari segi pemakaian, awet banget karena makenya nggak perlu banyak-banyak. Selain itu, day cream ini cepet banget menyerapnya dan terasa ringan di kulit .

5. Sunscreen

Saat ini, saya menggunakan sunscreen dari L'Óreal. Honestly, I would never ever repurchase this stuff because it's not cruelty-free and contains parabens. Setelah sunscreen habis, mungkin saya akan menggunakan sunscreen dari The Body Shop.

6. Coconut Oil

Sebagai alternatif dari Rosehip Oil, kadang saya menggunakan minyak kelapa organik untuk serum (dan untuk rambut, atau makeup remover). Saya terinspirasi dari Miranda Kerr yang memakai dan minum minyak kelapa setiap hari. Saya juga minum minyak kelapa dua sendok makan setiap pagi sehabis makan. Dan saya selalu bawa ini kemanapun, jadi saya masukkan ke tempat yang travel-size biar nggak berat bawanya. 

7. Night Cream

Untuk night cream, saya menggunakan produk L'Óreal. Sama seperti nomor 5. Nggak akan lagi beli produk ini dan produk L'Óreal lainnya.

 

Where to buy:

  • Sweet almond oil, rosehip oil: Organic Supply Co.  It would be better if they use eco-friendly packaging because when I received mine, they packaged them with a lot of styrofoam balls. 
  • Coconut Oil: Vico Bagoes