Checklist Untuk Memulai Blog

background image by: rekitanicole.com

background image by: rekitanicole.com

Dunia blogging memang tidak baru di Indonesia, tapi blogging lagi booming banget sekarang. Banyak banget blogger bermunculan. Dengan bermodalkan laptop dan internet, siapapun bisa jadi blogger. Tapi nggak cuma itu aja sih sebenernya. Banyak yang harus dipersiapkan jika kamu emang pengen serius di dunia blogging. 

And now, I'm going to help you preparing for that...

Di bawah ini adalah checklist yang bisa kamu pakai untuk menyiapkan blogmu. Jika ada kesusahan atau masih bingung, kamu bisa email aku langsung yah. Good luck!

1. Daftarkan domainmu. Memilih domain memang susah-susah gampang. Personally, I prefer my own name because mine is the one and only in the world. Haha. Tapi kalo nama sendiri banyak dipakai, mungkin kamu bisa memilih nama yang friendly. 

2. Hosting. Setelah membeli domain, yang bisa kamu lakukan adalah membeli hosting. Apa sih hosting itu? Gampangnya, blogmu adalah rumah, sedangkan hosting adalah tanah. Kamu bisa membangun rumah jika mempunyai tanah. Sedangkan, domain adalah alamat rumahmu. Ya kurang lebih seperti itu. 

3. Blog platform. Ada banyak banget blog platform yang bisa kamu pilih. Platform yang paling terkenal adalah Blogger, Wordpress, Drupal, dan seperti yang sekarang saya pakai adalah Squarespace. Perbedaan dari platform tersebut macem-macem. Kalo blogger itu gratis, nggak perlu beli hosting, cuma butuh domain tapi desainnya terbatas. Selain Blogger, kita harus menghabiskan cukup banyak biaya (apalagi Squarespace!).

4. Desain blog. Untuk memilih desain blog, sesuaikan dengan gaya/selera/topik blogmu. Minimalis, colorful, atau classic. Kamu juga bisa gunakan template free yang bisa kamu temukan di google atau seperti disini.

5. About Me Page. Agar pengunjung blogmu tau siapa pemilik blog, kamu harus buat satu halaman yang berisi 'About Me'. (untuk tips menyusun 'About Me' menyusul ya :D)

6. Social Media. Agar blogmu semakin dikenal banyak orang, kamu butuh social media. Kamu nggak harus bikin semua social media, cukup beberapa saja yang kamu suka. Personally, I prefer Facebook, Instagram, Pinterest, Google+, dan Twitter (meskipun yang satu ini jarang banget dibuka). 

7. Google Analytics. Ini berguna banget untuk melacak traffic blogmu secara akurat (it's a must!).

8. Pinterest verification. Kalo kamu punya Pinterest, kamu wajib melakukan ini. Caranya mudah banget kok. Dengan melakukan verifikasi, kamu bisa mengetahui secara langsung analytics profile Pinterest kamu.

9. RSS Readers. Hal ini memudahkan orang lain untuk mengetahui perkembangan blogmu. Web yang menyediakan fitur ini dan yang paling terkenal ada dua, yaitu Bloglovin' dan Feedly. Daftarkan blogmu disini agar semakin eksis.

10. Mail Subscription. Mungkin mail subscription sedikit tidak berfungsi ketika blogmu masih baru banget, tapi nggak papa kok kamu bisa menggunakan Mailchimp untuk mengatur subscribers blogmu.

11. Menyiapkan beberapa post. Nah, setelah sudah hampir siap semuanya, kamu harus menyiapkan beberapa blog posts yang sudah kamu jadwalkan. Kesalahan terbesar blogger adalah penulisan konten yang tidak konsisten. Buat editorial calendar yang simple (kamu bisa menggunakan google calendar) untuk membuat jadwal blogmu. Jangan sampai blog reader-mu banyak yang menghilang dari blog karena kamu tidak pernah membuat post baru lagi.

 

Kurang lebih itu yang harus kamu siapkan sebelum launching blog. Apakah ada opini atau tambahan dari checklist di atas? Let me know via comments.