How Much Clothes Do We Actually Need?

Dari sekian banyak baju yang kita punya, pernah kepikiran nggak baju tersebut dibuat dimana, pabriknya seperti apa, dan serangkaian proses yang terjadi dari desain baju hingga muncul di display toko. Jujur aja sih, sebenernya saya juga nggak tau apa-apa tentang hal itu sebelum nonton film The True Cost di Netflix. 

Setelah saya nonton film itu, saya jadi nggak minat sama brand-brand seperti Zara, H&M, dan semacamnya. Padahal brand-brand tersebut termasuk brand yang menyediakan baju dengan model bagus, kualitas lumayan, dengan harga yang nggak terlalu mahal. 

Dari film The True Cost, saya jadi mikir dua kali tiap kali mau beli baju, terutama kalo di labelnya itu Made in Bangladesh, atau Made in Vietnam. Belum lagi mikir sampah baju yang nggak kepake di dunia ini. FYI, dunia fashion menjadi runner up dalam hal merusak lingkungan. Jadi, mikir tiga kali deh kalo mau beli baju. Bakal kepake nggak ya? Bakal dipake berapa kali? Butuh banget ngga sih?

Sayangnya saya nonton film ini setelah saya belanja di salah satu brand tersebut, trus ngeliat labelnya Made in Bangladesh. Aduh, I felt so guilty. Kalo ngikutin tren yang nggak bakal ada abis-abisnya, lemari pakaian saya udah bisa menuh-menuhin rumah. Jadi mendingan ngga usah ngikutin tren, beli baju kalo bener-bener butuh banget atau beli yg essentials aja (Read my article: Fashion Essentials Must Have For Every Woman). Kebanyakan baju yang saya beli sekarang ngga jauh dari warna neutrals, seperti item, putih, atau nude. Kayaknya udah jarang banget beli baju yang warna warni atau yang musiman kecuali butuh seperti dress buat kondangan atau batik.

Essential setiap orang mungkin berbeda-beda. Fashion essential bukan berarti semua baju yang kita punya harus warna putih atau item. Menurutku, fashion essential itu:

  1. Kemeja putih
  2. Kaos putih/item
  3. Cardigan
  4. Celana kain warna item/nude
  5. Blazer item
  6. Syal
  7. Pencil skirt warna item
  8. Culotte
  9. Black pumps
  10. Sneakers
  11. Flat shoes
  12. Sandals
  13. Black legging
  14. Batik (both tops or dress)
  15. Jam
  16. Sunnies
  17. Handbag
  18. Backpack
  19. Clutch
  20. Two or three favorite blouses 
  21. Sports bra
  22. Kinds of bras that comfortable on me
  23. Sports attire
  24. Black dress
  25. Kebaya

Yah, namanya juga cewek, fashion essential bisa banyak banget. Untuk fashion items yang saya sebut di atas, saya usahakan untuk membeli dengan kualitas yang bagus meskipun harganya bisa agak mahal, karena saya yakin akan tetap memakai fashion items tersebut untuk berulang kali. Timeless fashion items. 

Menurut saya, daripada membelanjakan uangmu untuk baju-baju yang 'fast-fashion', lebih baik ditabung untuk yang lebih penting. Misalnya, menikah (lol), makan enak, atau barang yang kamu yakini bakal sering kamu suka dan pake.

Yakin mau belanja baju di pabrik yang ngga manusiawi?