#ReadingChallenge: The Circle

The Circle by Dave Eggers

Salah satu resolusi saya tahun ini adalah membaca buku setiap bulan. Nah, di bulan pertama ini saya telah membaca novel karangan Dave Eggers yang berjudul The Circle. Awalnya iseng nunggu flight di bandara, trus mampir ke toko buku. Saya tertarik karena buku ini tentang industri IT. Ternyata, novel ini diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh Emma Watson & Tom Hanks. 

Novel ini bisa dibilang cukup membosankan pada awalnya. Entah karena saya setiap kali membaca novel ini sebelum tidur atau gimana. Alurnya pun cukup lambat. Belum lagi novel ini tidak dibagi menjadi chapter seperti novel pada umumnya, tapi dibagi menjadi 3 bagian. Saya kurang suka dengan model novel seperti ini. 

Novel ini menceritakan tentang Mae Holland (nanti akan diperankan oleh Emma Watson) yang bekerja di perusahaan IT bernama Circle. Circle merupakan perusahaan IT terbesar, ya mungkin setara dengan Google. Tapi disini ceritanya, Circle itu lebih hebat deh pokoknya. Circle menciptakan inovasi yang sedikit creepy sih sebenernya. Inovasi tersebut adalah kamera-kamera kecil yang disebar di seluruh dunia sehingga Circle bisa mengetahui apa yang sedang kita lakukan. Maksud dari inovasi terebut adalah tidak ada lagi rahasia di antara satu dengan yang lain. 

Dari skala 1-5, saya memberikan 3,5 untuk novel ini. Sepertinya filmnya bakal lebih bagus daripada bukunya.