Kerja Praktek di Pertamina: Minggu Pertama

Mulai tanggal 1-30 Juni 2013, kami mulai kerja praktek di PT. Pertamina UPMS V Jagir, Surabaya. Nggak pas 1 Juni sih, mulainya tanggal 3 soalnya kebetulan tanggal 1 & 2 itu hari Sabtu & Minggu. Seneng bisa jadi yang pertama kerja praktek di jurusan, tapi hari kerjanya tubrukan sama hari kuliah. Apalagi pas hari-hari sibuknya FP dsb. Kebayang kan ribetnya, pas kerja minta ijin buat ujian, kadang abis kerja langsung ke kampus buat presentasi FP.

Minggu pertama ini, isinya perkenalan dan sebagainya. Hari pertama itu harusnya briefing dari Pertamina, tapi berhubung dari seluruh peserta KP yang masuk cuman saya, jadi briefingnya diundur besoknya. Saya dan partner saya kerja di bagian IT M&T Pertamina. Besoknya pas semua peserta udah masuk, kita dibriefing singkat sama pihak HR Pertamina. Dari pakaian, sampe jam kerja, semuanya dikasih tau jelas sama Pertamina. Setelah itu, ada briefing di divisi masing-masing. Pembimbing kami selama KP disana namanya mas Anton. Mas Anton ini Assistant Manager PC & Multimedia Support. Di briefing ini lebih ke sharing cerita gimana nanti kerja di pertamina, sama interview singkat ttg skill. Setelah itu, kami mendapat tugas nyicil laporan KP bab 1 & bab 2. Kebanyakan sih disini bingung mau ngapain kalo kerjaan udah selese, browsing ini itu. Btw, di Pertamina ini ada fasilitas wi-fi (kabel LAN juga ada, tapi minta ke Pertamina ya) tapi, banyak yang diblokir. Hiks. Kategori social networking, storage & sharing, streaming, dll. Banyak deh yang diblokir. Jadi gimana caranya kita ngga boring disitu meskipun banyak yang diblokir. Akhirnya, kami lebih sering baca-baca Buzzfeed.com. Lumayan menghibur hehehe. 

Ruangan Kerja Selama di Pertamina

Di akhir minggu pertama, Mas Anton ngasih judul buat tugas kami di Pertamina. Kami disuruh bikin aplikasi berbasis web menggunakan ASP.Net. Saya dan partner saya ngga ngerti apa itu ASP.Net, tapi kata mas Anton ngga masalah kalau ngga ngerti, karena disini kami akan belajar bahasa itu. Wish us luckssss. Judul dari tugas kami adalah Sistem Informasi Manajemen Transport. Judulnya simple, intinya kita nanti disuruh bikin aplikasi berbasis web yang dapat membantu manajemen peminjaman kendaraan di Pertamina UPMS V.

Daily Report

Banyak yang nanyain apakah kami ada orang dalam di Pertamina. Kaget aja sih dibilang gitu, soalnya kami emang sama sekali ngga ada koneksi sama orang di dalam. Tapi kok bisa ketrima ya? Yaa semuanya sudah ada yang ngatur hehe. Pegawai-pegawai Pertamina juga ada yg nanyain ke kami kok bisa kerja praktek disini, soalnya di Pertamina ini rata-rata harus ada referensi dari orang dalam biar ketrima. Mungkin orang-orang Pertamina ngga yakin liat penampilan kita yang kayak gini kok bisa masuk Pertamina hahaha.

Nah, berikut ini ada tips buat kalian yang mau nyoba KP di Pertamina:

#1 Persiapkan proposal KP jauh-jauh sebelum periode yang kalian inginkan.

Biasanya, kalau mau ketrima di perusahaan besar, proposal harus diserahkan jauuuuh hari sebelum KP. Minimal 5 bulan sebelum, maksimal 3 bulan sebelum. Kalau kelompok kami nyerahinnya 3 bulan sebelum hehe.

#2 Waktu KP jangan sampai bentrok dengan jadwal kuliah

Ini penting banget! Kami ngga tau kenapa jadwal KP kita dimajukkan jadi awal Juni, padahal di proposal itu setelah kuliah sekitar tanggal 20an. Tapi ya gimana lagi udah ketrima masa ngga diambil.

#3 Kalo udah terlanjur bentrok..

Konsultasikan dengan dosen kalian. Kemarin kelompok kami konsultasi dengan Bu Wiwik, trus beliau bilang kalau kelompok kami harus bilang ke dosen mata kuliah masing-masing biar mereka tau kalau kita KP dan jangan lupa kasih surat ijin KP ya.

#4 Be Honest With Your Skill

Setelah diterima di Pertamina, kalian harus jujur dalam kemampuan kalian seberapa ketika ditanyain sama pembimbing KP disana. Karena pembimbing tersebut ngga mau proyek kalian yang akan kerjakan nggak selese. Jadi mendingan kalian jujur aja, kalo ngga bisa ya bilang aja ngga bisa, ntar pasti dibantu kok sama pembimbingnya.

Jadi, bagi kalian yang ingin nyoba KP/magang di pertamina jangan takut dulu. Coba aja siapa tahu kalian beruntung bisa diterima di Pertamina! That’s all for this post. Next article will be coming soon!